SEGMENTASI
PASAR & ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar
merupakan hal yang penting untuk menentukan keberhasilan pemasaran barang/jasa. Beberapa
alasan mengapa segmentasi adalah hal yang pentingdiantaranya sebagai berikut:
1.Semakin
majunya kehidupan manusia, semakin heterogen masyarakat, semakin beragam kebutuhan dan selera masyarakat. Tidak mungkin satu produk dapat
memuaskan semua kebutuhan masyarakat.
2.Semakin maju perekonomian, akan semakin banyak kompetitor yang harusdihadapi perusahaan. Segmentasi akan mencegah perusahaan membuang
sumberdayanya ke tempat yang tidak tepat.
3.Segmentasi akan membantu perusahaan untuk meraih competitive
advantages terhadap saingan-saingannya melalui diferensiasi produk.4.Sebuah
produk mungkin tidak dapat memuaskan semua golongangmasyarakat,tetapi mungkin dapat memuaskan suatu gplongan masyarakat yang homogen.Segmentasi akan membantu perusahaan menemukan segmen-segmen yang dapatdilayani
secara maksimal.
Ada berbagai
pendekatan dalam segmentasi pasar. Beberapa dasar segmentasi pasar diantaranya
sebagai berikut:
1.Segmentasi
demografi
Melibatkan
berbagai faktor, seperti: jenis kelamin, usia, ukuran keluarga, pendapatan, pendidikan,
kelas sosial, dan etnik.
2.Segmentasi
psikografik
Memperhatikan
pada tingkah laku masyarakat dan gaya hidup yang dianut. Termasuk di
dalamnya adalah gaya hidup dan kepribadian.
3.Segmentasi
geografi
Dikelompokkan
atas faktor lingkup pasar, termasuk pertimbangan tempat operasi jasaakan
dilakukan. Termasuk pengujian tingkat kepadatan penduduk, faktor iklim
yang berpengaruh, dan standarisasi area pasar.
4.Segmentasi
benefit
Manfaat yang
dicari konsumen dari produk ataupun jasa adalah alasan utama yangmendasari
mereka untuk membeli produk.
5.Segmentasi
penggunaan
Mefokuskan
pada tipe dan batasan penggunaan seperti heavy users, medium users,occasional
users, atau non-users bagi jasa tersebut.
6.Segmentasi
respon promosi
Lebih dititik beratkan pada bagaimana pelanggan
merespons aktivitas promosi tertentudari perusahaan.
7.Segmentasi loyalitas
Loyal terhadap satu merek produk, loyal terhadap
dua merek produk, loyal pada beberapa merek produk, dan tidak loyal.
8.Segmentasi Jasa
Mefokuskan perhatiannya pada apakah penawaran
jasa bisa dibedakan, apakah sebuah produk membutuhakan level jasa yang sama, bisakah pengelompokan konsumendiidentifikasi
dengan permintaan jasa yang sama.
Segmentasi demografi adalah cara segmentasi yang paling populer sebagaidasar untuk membagi kelompok pelanggan. Pada umumnya pelanggan memiliki
keterkaitan erat dengan variabel-variabel demografi seperti pendapatan
dan usia. Juga,untuk alasan praktis, sering ada lebih banyak
data yang tersedia untuk membantudengan proses segmentasi
demografis. Segmentasi demografi terdiri dari membagi pasar
ke dalam kelompok berdasarkan pada variabel seperti sebagai berikut:
1.Umur
Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah dengan usia meskipun merekamungkin
masih ingin konsumen jenis produk yang sama. Jadi seorang pemasar mendesain, paket
dan mempromosikan produk yang berbeda untuk memenuhikeinginan
kelompok usia yang berbeda. Contoh yang baik termasuk pemasaran pasta gigi
(kontras branding pasta gigi untuk anak-anak dan orang dewasa).
2.Tahap
siklus hidup
Tahap siklus hidup konsumen merupakan variabel penting, terutama di pasar seperti rekreasi dan pariwisata. Semisal golongan kaum muda lebih senang berkunjung
ke Dunia Fantasi Ancol sedang golongan yang lebih tua memilih untuk wisata
kebun di Taman Buah Mekarsari.
3.Gender
Segmentasi yang berbasis gender banyak digunakan
dalam pemasaran. Contohnyauntuk pemasaran produk golongan pakaian, tata rambut,
majalah dan perlengkapanmandi dan kosmetik.
4.Penghasilan
Dasar segmentasi lain yang popular adalah besarnya penghasilan konsumen.Banyak perusahaan mentargetkan pasar pada konsumen yang makmur untuk barang-barang
mewah dan jasa kenyamanan. Sebagai contoh layanan prima
yang
diberikan perbankan untuk solusi nasabah yang
berpenghasilan atau memiliki asetyang besar. Sebaliknya, banyak perusahaan
fokus pada produk pemasaran langsungke konsumen dengan pendapatan yang relatif
rendah. Contohnya perusahaan yangmemproduksi sabun colek dibanding detergen
premium.
5.Kelas
sosial
Banyak pemasar yang percaya bahwa preferensi dipengaruhi oleh kelas sosialkonsumen.
Seperti preferensi konsumen terhadap barang-barang sperti mobil, pakaian, perabot rumah, kegiatan santai dan produk/jasa lainnya. Hal inimenggambarkan
adanya hubungan yang jelas antara kelas sosial dengan tingkat pendapatan.
6.Gaya
hidup
Pemasar semakin tertarik pada pengaruh
"gaya hidup" dengan tingkat permintaankonsumen. Namun sayangnya, ada
banyak sistem kategorisasi gaya hidup yang berbeda, karena
sebagian gaya hidup justru diarahkan oleh pembuat iklan.
Data demografi dapat digunakan untuk mengidentifikasikan karakteristik populasi
untuk menentukan siapa pelanggan potensial, dan menentukan area geografisdimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk/jasa,
bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembelian mereka.(Putri,
2007)
Data ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk
mengidentifikasikan target pasar bagi barang dan jasa mereka. Demografi umumnya digunakan
untuk memberitahukanmengenai siapa pelanggan apa, dimana lokasi mereka, apa gender mereka dan bagaimana
Anda ingin produk Anda dibeli oleh mereka.
Pergeseran-pergeseran komponen kependudukan seperti distribusi menurutumur,
distribusi menurut wilayah, struktur umur, struktur pekerjaan, pola migrasi
dan penurunan tingkat mortalitas dan fertilitas harus diamati secara seksama, terutama pengaruhnya terhadap segmentasi pasar, daya beli dan tingkah laku pengeluaran atas barang dan jasa. Hal ini menunjukkan bahwa struktur demografi mempengaruhi
variable yang lain (dependent variable). Namun adakalanya variable lain
mempengauh istruktur demografi seperti halnya sebelum kota Batam dijadikan
sentra industri kotatersebut memiliki penduduk yang sedikit, setelah dijadikan sentra industri makamulailah
kota Batam menjadi ramai. Oleh karena itu data demogarfi bisa kita anggapsebagai
variable independent, sekaligus dependent. (Effendi, 2010)
Lima alasan mengapa kita tidak dapat mengabaikan segmentasi demografisyaitu:
1.Segmentasi dengan cara apapun selalu harus dilihat darikacamata
demografi. Segmentasi gaya hidup, teknografi misalnya tetap harus dilihat dalam
hubungannyadengan variabel-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan
dansebagainya. Segmen-segmen itu biasanya berhubungan erat dengan karakter-karakter
kependudukan.
2.Informasi demografi adalah informasi yang paling mudahdijangkau dan paling murah untuk mengidentifikasi
target market . Sekalipuninformasi ini tidak begitu
sempurna untuk pemasaran.
3.Informasi demografi memberikan insight tentang
trend yangsedang terjadi. Perubahan-perubahan penduduk menurut usia atau jenis rumahtangga
akan menentukan jumlah permintaan beberapa jenis barang/jasa.
4.Demografi dapat digunakan untuk melihat perubahan permintaananeka
produk.5.Demografi dapat digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye
pemasaran suatu bisnis. Keberhasilan pemasaran harus bisa diukur dari besarnya pasar dan tekanan-tekanan pesaing pada pasar yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar